Sabtu, 22 Juni 2013

BALAS DENDAM TAK SELAMANYA BURUK!

Readers ada yang pernah dendam gak sih sama seseorang atau sekelompok orang? Apa sebabnya? Karena masalah sepele kah? Masalah besar kah? 

Aku pernah dendam sama sekelompok KOMPLOTAN PENYONTEK di sekolah ku yang paling berbahaya! Gimana gak berbahaya? Mereka nyontek dan nilai mereka bagus, dapet juara pula karena nyontek! Keren sekaligus berbahaya kan?!! Apa dendamku terbalaskan? Jawabannya.... kasih tahu gak ya???
Gimana aku ngebales mereka semua? Baca di bawah ini!

Awalnya aku kira mereka biasa aja. Aku pikir walaupun mereka nyontek, mereka gak akan dapet juara dan nilai ku pasti lebih tinggi dibanding dengan mereka yang contek. Aku yakini itu karena aku belajar dan mereka enggak! Jadi saat ulangan semester aku rela berbagi jawaban dengan mereka. Aku susah-susah belajar dan rela ngasih jawaban ke mereka yang gak belajar karena aku pikir nilai ku pasti lebih tinggi dari mereka. Aku jujur dan mereka enggak! Aku meyakini orang curang gak akan pernah menang.

Tapi ternyata semua yang aku yakini dan yang aku pikirin itu salah besar! Saat pembagian raport, aku berharap minimal nilai IP ku naik dibanding dengan semester sebelumnya. Dan saat namaku dipanggil, aku sedikit terkejut. Perasaanku udah mulai gak enak. Kenapa namaku cepet banget dipanggil? Ini sudah orang ke berapa? Terus aku juara berapa? Jangan sampai IP ku turun! Aku berharap begitu. Tapi saat ku terima raport dan aku lihat aku juara 4. Aku mulai kecewa. Dan aku berharap meskipun aku gak masuk 3 besar seenggaknya IP ku naik. Dan ternyata, aku sudah jatuh ketimpa tangga pula! IP ku turun drastis! Aku kaget! Aku gak percaya! Dan aku marah! Dan aku lebih marah lagi saat seseorang yang merupakan ketua komplotan penyontek itu datang ke bangku ku dan bilang “Sabar ya.... masih ada tahun depan.” Dengan senyum lebar merekah di wajahnya dan dengan riang gembiranya dia ngomong kaya gitu ke aku. Heh?! Kamu pikir aku gak tahu kalau sebenarnya kamu senengkan IP ku turun dan aku gak masuk 3 besar. Sedangkan kamu.. kamu masih bisa menggenggam kemenangan di tangan kamu. Kamu masih bisa merebut juara satu di kelas. Dan teman-teman komplotanmu bisa masuk 3 besar bersama kamu! Dan 2 orang yang ikut bersama orang itu masuk 3 besar adalah orang-orang penyontek. Terutama yang juara 3! Orang yang aku relain jawabanku dicontek sama dia. Ternyata dia juara! KURANG AJAR!!! Mereka bisa juara hanya dengan nyontek?! Hebat banget!! Dan yang bikin aku marah lagi! Ternyata aku bukan juara 4 tapi juara 5! WHAT!! Si wali kelas yang kurang kompeten sebagai wali kelas itu salah ngetik rankingnya! Dan aku mesti nunggu lembaran raportku yang sebenernya! Kenapa aku mesti nunggu karena semua guru pada rapat. Udah nunggu beberapa jam, eh printernya ada masalah! SIAL BANGET aku hari itu!! Udah nunggu capek-capek ternyata hasilnya nihil!!

Aku gak bisa nahan rasa marah, kesel, kecewa ku! Akhirnya pas ditanya sama temen kelas sebelah aku juara berapa, tiba-tiba aja air mata aku keluar. Aku sebenernya gak mau nangis depan mereka. Tapi gak tahu kenapa keluar gitu aja. Malu-maluin banget gak sih?! Yahhhh... aku sedikit seneng sih hari itu. Karena ketua KOMPLOTAN PENYONTEK itu nilainya turun. Walaupun dia tetep juara 1. Tapi kesenangan itu dikalahin sama rasa marah aku.

Sampai rumah, aku gak bisa lagi nahan air mata ku. Dan aku lebih gak tahan lagi liat ortuku. Aku udah NGECEWAIN mereka. Mereka berharap aku bisa juara dengan nilai yang bagus. Tapi kenyataannya?? Walaupun mereka bilang “enggak apa-apa”, tapi aku tahu mereka pasti kecewa. Dan saat aku mengingat kekecewaan ortuku aku bertekad AKU HARUS NGEBALES MEREKA! MEREKA SEMUA! SEMUA ORANG YANG NYONTEK!! IT’s NOT FAIR. AKU GAK AKAN NGEBIARIN KALIAN MENANG DENGAN CARA CURANG. DAN AKU AKAN BUKTIIN, DENGAN CARA YANG JUJURPUN AKU BISA NGALAHIN KALIAN. AKU GAK AKAN BERBUAT CURANG SEPERTI KALIAN. AKU AKAN JUJUR DAN AKU AKAN NGALAHIN KALIAN!!!!  

Semenjak memiliki tekad itu, aku janji sama diriku sendiri untuk tidak ngasih jawaban ke semua orang di kelasku, kecuali mereka yang aku anggap temen. Aku gak akan contek, aku akan berusaha belajar setiap hari dan bukan saat mau ulangan aja. (jujur yah... semua ini emang kesalahan dari akunya sendiri. Aku bodoh banget ngasih mereka jawaban secara Cuma-Cuma dan aku belajarnya juga pas mau ulangan aja. Kemalasan lebih banyak dari kerajinanku).
Dan semenjak itu aku jadi lemes, gak ngomong, dan aku selalu cemberut selama liburan. Dan beberapa hari sebelum masuk sekolah aku berusaha untuk membaca beberapa buku yang berkaitan dengan pelajaran di sekolah. dan jika rasa malas melanda, aku mengingat betapa marahnya aku dengan perlakuan yang tidak adil ini. Dan saat itu juga rajinku bisa ngalahin malasku.

Ketika tiba saatnya masuk sekolah lagi, ini saatnya PEMBALASAN!! Dan saking marahnya aku sama orang-orang penyontek dan KOMPLOTAN PENYONTEK (kecuali orang-orang yang aku anggap teman) itu aku selalu pasang muka jutek ke mereka. Apalagi sama ketua komplotan itu. Aku bahkan pengen untuk tidak ngeliat muka mereka yang ngeselin itu. Tapi gak bisa. Mereka ada dimana-mana. 

Setiap pulang sekolah aku selalu mengulang pelajaran yang udah diajarin. Dan aku berusaha untuk membuat diriku mengerti tentang materinya. Dan hal ini gak pernah aku lakuin sebelumnya. Dan hasilnya...... kalau mau ulangan aku gak perlu susah-susah menghafal banyak. Cukup ngulangin aja dan ngerjain soal-soal. Ternyata enak juga mengulang pelajaran di rumah, dan itu salah satu keuntungannya. Kita gak harus terlalu benyak menghafal dan belajar juga. Dan keuntungan berikutnya nilaiku menjadi lebih baik. Terutama di matematika. Yang dulunya aku dapat 60-an, 70-an, dan kalau beruntung bisa dapet 80. Tapi setelah aku nerapin sistem pengulangan materi di rumah, untuk pertama kalinya aku dapet nilai 90 di matematika. Senengnya luar biasa! Dan aku bertekad akan nerapin sistem ini untuk seterusnya sampai lulus kuliah! Gak Cuma matematika, hampir semua pelajaran aku dapetin nilai yang bagus, menurutku.
Saatnya ulangan semester genap! Aku akan belajar sungguh-sungguh dan akan balas dendam sama kalian semua. And you know what?! Di beberapa mata pelajaran nilaiku lebih tinggi dibandingin sama ketua dan KOMPLOTAN PENYONTEN itu! Senangnya hatiku! Dan itu menjadi pemacu semangatku untuk lebih giat belajar lagi selain rasa marah dan dendamku. 

And.... finally!!!! Waktunya pembagian raport!!!! Dan ini saatnya untuk melihat hasil dari usahaku untuk membalas dendam. Aku menunggu dengan gugupnya. Namaku cepet dipanggilnya. Apakah IP ku akan naik atau gak? Dan hasilnya.... aku ngeliat aku juara 3. It’s ok! Seenggaknya aku bisa ngalahin salah satu dari mereka. Dan IP ku? Naik 4 poin!!!!! Senangnya hatiku naiknya IP ku dan aku bisa ngebales mereka!!! Hahahaahahahah!!!!!!! Aku seneng!!! Seneng!!!!seneng banget!!!!! Ternyata dendamku terbalaskan! Yah... walaupun belum bisa ngalahin ketua komplotan itu, seenggaknya aku bisa ngalahin anggota terbawah. Namanya juga proses, pasti dari bawah dulu lah. And you know what?! Pas ngeliat aku kesenangan liat raport si ketua komplotan nyamperin aku untuk liat nilai-nilaiku. Aku sih tetep masang muka jutek dan ngasih lembaran raport aku ke dia. Dan aku sempet ngeliat mukanya agak kesel gitu! Gak ada senyum merekah di wajahnya seperti waktu itu! Dan pas aku ke depan untuk ngambil hadiah juaraku, dia teriak-teriak kalau aku tuh the best. Iiyuuuhh... gak usah munafik deh ya... aku tahu dalam hatimu tuh kamu kesel karena aku bisa masuk 3 besar lagi kan?!

Ke depannya, aku akan ngalahin si ketua komplotan dan seenggaknya aku bisa ngalahin juara 2 yang sekarang. Dengan penerapan sistem belajarku yang sekarang dan belajar lebih giat lagi aku akan ngalahin kalian yang GAK JUJUR dan CURANG!!!

I think... bales dendam itu gak terlalu buruk koq. Selama kalian ngebalesnya dengan cara yang bener dan yang tidak akan merugikan diri kalian dan orang lain ke depannya. Seperti pengalamanku ini, aku gak ngerugiin siapapun dan ini malah baik buatku. Tapi aku lebih saranin ke readers semua supaya jangan sampai dendaman ma orang! Karena rasanya sakit banget harus ngelihat orang yang kalian benci hampir tiap hari.
Dan... makasih buat KOMPLOTAN PENYONTEK! Kalian udah nyambuk aku supaya aku bangun dan supaya aku sadar bahwa ini saatnya untuk serius! Terima kasih ya Allah... Engkau telah memberikan pengalaman ini buatku supaya aku gak gini-gini terus dan supaya aku bisa menjadi lebih baik. Alhamdulillah.... terima kasih ya Allah Engkau telah membantuku untuk menyerap pelajaran dan ngebales mereka semua.!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar