Sabtu, 19 Januari 2013

Museum NTB (curcol)

Liburan semester nihh..... maksudnya liburan semester kemarin..... liburan kali ini aku gak di rumah.... gak seperti liburan yang lalu lalu di rumah.... mulu.... boring gila!!. Setelah terpukul karena kesalahanku sendiri dan dikalahin sama orang-orang curang, gak ada salahnya refreshing dulu, habis itu mulai deh misi balas dendam.  

Beruntungnya liburan kali ini aku pergi ke Mataram. Ibu kota provinsi NTB ini menjadi kota tujuan liburan kebanyakan orang-orang sumbawa. Dan lebih beruntungnya lagi kakakku kuliah dan ngekost di sana. Jadi biaya penginapannya gratisss.... tinggal numpang di kost kakak. Hahahahahah!!!!! Sebenernya sih... menurutku tempat-tempat di Mataram itu gak banyak yang bisa dikunjungi. Yah.... paling Cuma pantai, mall dan kebanyakan di sana tuh toko-toko yang menjual pakaian-pakaian anak muda, orang dewasa,... yahh... yang sejenisnya juga lah... masuk ke toko-toko kaya gitu tuh agak membosankan dan malesin juga sih... ngeliat dari luar aja aku udah gak tertarik, kalau gak diajak sama ayah, aku juga males banget masuk ke tempat kaya gitu. 

Sehari sebelum balik ke sumbawa, aku pergi ke tujuan utamaku ke Mataram yaitu mengunjungi museum NTB. Penasaran banget apa aja sih.... yang ada di dalamnya. Aku pergi bersama ayah pas pagi menjelang siang. Cuma Rp 2000 udah bisa masuk ke museum. Sebelum pintu masuk ke ruang koleksi museum ini, kita disambut dengan buaya raksasa yang udah diformalin. Menurutku sih buaya ini lumayan besar juga. Ngebayangin buaya ini masih hidup udah ngeri banget, udah matanya melotot. Hiiiii... terus ada lukisan ilustrasi berbagai jenis tari-tarian NTB di dinding deket buaya ini. 

Pas masuk, kita disuguhin tentang tata surya gitu, replika gunung berapi, berbagai jenis batu-batuan, berbagai jenis kupu-kupu yang cantik dan udah diformalin. Jadi kita bisa ambil fotonya. Terus ada cangkang kerang yang gede... kadal yang udah diformalin, kepala kijang yag udah diformalin juga. Banyak deh.... masuk ke dalam lagi kita akan disuguhkan replika candi prambanan dan borobudur. Ada kuda-kudaan juga untuk ngarak penganten sunat, ada patung pasangan pengantin dengan pakaian adat Lombok, Sumbawa, Bali dan Bima. Ada juga peralatan-peralatan di berbagai bidang yang dulu dipakai orang-orang NTB. Terus yang menarik ada patung nelayan dan pembuat senjata seperti parang, celurit, dan sejenisnyalah. Ada juga benda prasejarah yaitu nekara. Aku pengen tahu banget gimana bentuk nekara, yah walaupun udah lihat gambarnya dibuku. Akhirnya kesampaian juga. Di sana ada ruangan kaca yang bikin penasaran. Soalnya ruangan itu dikunci dan beralaskan karpet merah. Padahal di dalamnya ada benda-benda yang gak ada di luar ruangan itu. Pengen banget masuk dan ngeliat apa aja yang ada di situ. Kenapa dikunci yah....?????

Nah selesai lihat-lihat dan foto-foto aku pergi deh!!! Akhirnya kesampaian juga buat ngunjungi museum NTB. Habis liburan..... saatnya balas dendam sama orang-orang curang. Hahahah!!!!!!!!!

untuk beberapa foto-fotonya, di post-an selanjutnya ya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar